Tips Mencari Lowongan Kerja Yang Benar Di Internet


Mencari lowongan kerja di internet saat ini sangat mudah dan lumrah bagi jobs seeker. Hanya dengan memanfaatkan search engine seperti Google, anda pun dapat menyortir satu per satu info lowongan kerja dari hasil pencarian sesuai keyword yang anda masukkan. Tips Mencari lowongan kerja di internet semacam ini tentunya sudah menjadi pengetahuan umum pencari pekerjaan di Indonesia.

Meskipun semudah cara di atas. Sebagai pelamar kita sudah sepatutnya untuk lebih lihai dalam menyortir informasi lowongan kerja dengan benar. Beberapa tips melamar kerja di internet tentunya sudah pernah kita bahas pada cara mencari kerja dan melamar pekerjaan secara online sebelumnya. Namun demikian, tambahan tips di sini diharapkan dapat menjadi jurus atau kiat tambahan agar anda tidak tertipu dengan iklan lowongan kerja namun tidak sesuai dengan harapan anda.

Back to pembahasana kita soal tips mencari informasi lowongan kerja yang benar di internet. Berikut ini beberapa tips atau kiat yang penting diperhatikan untuk jobs seeker.

Tips Mencari Lowongan Kerja Yang Benar di Internet, informasi lowongan kerja yang valid

Kiat Mencari Informasi Lowongan Kerja Yang Benar

  1. Nama dan Alamat Perusahaan.
    Hal utama yang harus jobs seeker perhatikan dalam melamar pekerjaan dari iklan lowongan kerja internet adalah pastikan nama dan alamat perusahaan yang ingin anda lamar tertera dengan jelas dan akurat. Hindari atau abaikan informasi lowongan kerja yang tidak mencantumkan alamat kantor dengan akurat, dan pastikan anda mengirim surat lamaran (dokumen) anda ke alamat yang dimaksud.
  2. Kualifikasi Lowongan Kerja.
    Informasi lowongan kerja yang benar selalu mencantumkan persyaratan yang harus dipenuhi pelamar, posisi lowongan yang dibuka oleh perusahaan perekrut dan biasanya termasuk diskripsi pekerjaan (job discription) di dalamnya. Jadi informasi lowongan kerja yang benar tidak bersifat umum yang seakan-akan siapa pun dapat melamar tanpa memperhatikan latar belakang pendidikan, dan skill lainnya.
  3. Alamat Email Hosting dengan Nama Domain Perusahaan.
    Info lowongan kerja yang valid, umumnya menggunakan email hosting dengan alamat email domain perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja. Pastikan anda tidak terjebak dengan mengirim aplikasi lamaran anda ke alamat email gratisan seperti gmail, hotmail, dan yahoo mail. Jika anda merasa yakin untuk mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan tsb. Sebaiknya gunakan jasa pos untuk mengirim surat lamaran anda. Sehingga jika alamat perusahaan tersebut adalah fiktif, maka setidaknya dokumen anda dapat kembali.
  4. Tidak Memintak Uang Registrasi dll.
    Perusahaan yang baik tidak pernah meminta sejumlah uang dari pelamar kerja. So, hindari informasi lowongan kerja yang secara tersirat meminta sejumlah uang untuk alasan administrasi dll. Jika pun anda harus membayarnya, pastikan anda memiliki kwitansi atau sejenis surat pernyataan dari perusahaan terkait permintaan uang tsb.
  5. Abaikan Hearing Job Tanpa Alasan.
    Poin yang satu ini kelihatannya seperti keberuntungan yang datang tanpa diduga. Tapi sebenarnya anda sedang jatuh dan akan tertimpa tangga jika terbuai dan mengikutinya. Jika anda mendapat panggilan kerja, sementara anda tidak merasa pernah melamar pekerjaan di perusahaan tsb. Maka abaikan saja dan anda tidak perlu datang untuk mengikuti seleksi lowongan kerja diperusahaan tsb.
    Pastikan jika setiap panggilan seleksi pekerja, atau wawancara kerja berasal dari perusahaan yang anda lamar.
  6. Jobs Gap.
    Job gap yang dimaksudkan di sini adalah ketidak sesuai antara posisi yang anda lamar dan tawaran kerja yang ditawarkan atau yang tersedia. Jika kondisi ini terjadi pada saat wawancara kerja atau proses seleksi kerja, dimana ada perbedaan antara posisi yang anda lamar dan tawaran pekerjaan yang tersedia pada perusahaan tersebut. Maka sebaiknya anda Take Attantion!!!
  7. Hindari Mengirim Dokumen Secara Tidak Normal.
    Perusahaan yang mencari employer, umumnya meminta job seeker untuk mengirimkan aplikasi melalui jasa expedisi/kurir, atau email hosting perusahaan, atau datang langsung ke kantor perusahaan. Selain ketiga cara di atas. Informasi lowongan kerja yang mungkin anda lihat adalah fiktif.

    So, Hindari mengirim aplikasi kerja, biodata, atau informasi pribadi anda dengan menggunakan media komunikasi semisal, MMS, BBM, Facebook, Yahoo Massanger, Skype dan sejenisnya.
Demikian tips mencari lowongan kerja yang benar di internet. Semoga dapat menjadi tambahan informasi dan dapat membantu anda dalam mendapatkan lowongan kerja sesuai dengan kualifikasi anda. Terimakasih

Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Tips Mencari Lowongan Kerja Yang Benar Di Internet