Ini Cara Meningkatkan Percaya Diri Di Tempat Kerja


Meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja pastinya sangat dibutuhkan oleh setiap pekerja. Ini dimaksudkan untuk memberi motivasi pada diri pekerja agar tetap semangat dalam bertugas dan menyenangi pekerjaan mereka. Seorang karyawan yang tidak memiliki rasa percaya diri, bisa dipastikan tidak betah dan tidak semangat dalam melakukan tugas kantor. So, Percaya diri di tempat kerja adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap pekerja, terlebih bagi mereka yang baru bekerja atau dalam masa percobaan kerja.

Seorang pekerja yang memiliki rasa percaya diri dalam bekerja, pastinya akan terlihat lebih tegas dan menikmati pekerjaan mereka. Perusahaan tentunya sangat diuntungkan dengan memiliki banyak pekerja yang memiliki rasa percaya diri, tentunya dengan kontribusi mereka yang positif kepada perusahaan. Hal ini disebabkan oleh kapasitas yang mereka miliki.

Pekerja yang memiliki rasa percaya diri tinggi dalam bekerja, biasanya mereka yang memiliki kekuatan pada ketrampilan mereka. Demikian sebaliknya, pekerja yang kurang percaya diri biasanya memiliki kelemahan pada ketrampilan dan mungkin hal-hal lain. Anyway, seyogyanya ketrampilan dan skill itu bisa ditingkatkan dengan belajar. So, anda tidak perlu merasa kurang percaya diri setelah mencoba melakukan tips meningkatkan percaya diri di bawah ini;

meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja, meningkatkan rasa pd, kurang rasa percaya diri, tidak percaya diri

Tips Meningkatkan Percaya Diri Di Kantor

  1. Identifikasi Keahlian Diri.
    Hal pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja adalah dengan mengidentifikasi keunggulan, skill atau kebolehan diri. Lalu perlihatkanlah atau tonjolkan keunggulan diri anda dalam menjalankan tugas-tugas anda di kantor.

    Hal ini tentunya lebih baik dari pada kita harus menyalahkan diri sendiri soal batasan yang kita miliki yang ujungnya akan membuat kita tidak semangat dalam menjalankan tugas di kantor.
  2. Identifikasi Kelemahan Diri.
    Selanjutnya identifikasi kelemahan yang anda miliki. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak terusik dengan harus berfokus pada kelemahan namun berupaya meminimalkan kelemahan dengan belajar dan meningkatkan ketrampilan kita. Fokus pada kelemahan diri akan mengganggu konsentrasi dalam bekerja. So, mengidentifikasi kelemahan tidak dimaksudkan untuk berfokus pada kelemahan. Namun lebih pada bagaimana memerginer kelemahan dan memperkecilnya dengan belajar.

    Setiap orang pastinya memiliki batasan tersendiri dalam ketrampilan. So, hindari perasaan yang berlebihan karena kelemahan yang anda miliki yang membuat semangat kerja anda menurun.
  3. Tidak Terusik Dengan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain.
    Suasana tempat kerja memang sulit untuk diprediksikan. Dalam hal hubungan sosial kerja, pastinya setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda dari cara pandang dan kesenangan. Namun demikian, tetaplah pada standar diri anda dan tidak terusik dengan standar yang ditetapkan orang lain terhadap anda. Misalnya anda dibilang gendut, anda kurus, anda pelit dsb, yang sama sekali tidak berpengaruh terhadap perkembangan anda.

    Perbedaan dalam setiap individu itu biasa dalam lingkungan manapun, hal terpenting adalah anda tidak harus menjadi nilai dari stndar yang ditetapkan orang lain. So, jadilah diri anda sendiri.
  4. Fokus Pada Tugas Sendiri.
    Fokus pada tugas kantor anda secara pribadi adalah hal yang tepat dari pada terusik dengan gosip kawan kantor. Hal ini akan membuat anda lebih tenang dan fokus pada penyelesaian tugas serta pencapai tujuan kerja.
  5. Susun Rencana Kerja Pribadi.
    Buatlah rencana kerja secara individu. Hal ini akan memberikan anda kekuatan dalam melakukan tugas sesuai target perencanaan dan tidak menghabiskan waktu dengan gosip di kantor atau hal lain yang tidak memiliki manfaat untuk progres anda secara pribadi.
  6. Tetapkan Target Karir.
    Menetapkan target karir yang ingin anda capai tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri anda dalam melaksanakan tugas kantor. Menetapkan target karir akan membuat fokus anda lebih maksimal kepada pekerjaan anda. Namun tetap pada target yang realistis dan tidak terlalu muluk.
  7. Optimis Dan Berfikir Positif.
    Jadilah pribadi yang optimis dan berfikir positif dalam bekerja. Yakinkan diri anda dalam setiap proses kerja, Anda pasti bisa melakukannya, anda pasti bisa melewatinya, anda pasti sukses dan pikiran positif lainnya yang dapat memberi motivasi kepada pribadi anda.

    Pikiran positif dan optimis dalam bekerja pastinya akan memberikan rasa percaya diri anda meningkat. So, be a good worker dengan selalu mengedepankan cara pandang yang positif. Kondisi ini akan memberikan anda percaya diri yang mantap dan tidak terbebani oleh suasana kantor yang mungkin kurang menyenangkan.
  8. Menjalin Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja.
    Menjalin hubungan baik sesama rekan kerja merupakan hal yang mudah untuk meningkatkan rasa percaya diri anda dalam bekerja. Mengenal diri anda melalui rekan kerja membuat anda mengerti dengan siapa anda bekerja. Kondisi ini tentunya akan memberi rasa saling percaya dan saling mendukung dalam menjalankan tugas masing-masing.

    Melalui proses ini, pastinya motivasi kerja dan rasa percaya diri anda akan membuat anda merasa nyaman dengan lingkungan kerja dengan menjalin hubungan baik sesama rekan kantor.
  9. Selalu Berpenampilan Rapi dan Bersih.
    Penampilan rapi dan bersih selalu menyenangkan orang di sikitar anda dan pastinya dapat memberikan anda rasa nyaman secara pribadi. Berpenampilan rapi dan bersih merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda tidak perlu berpakaian serba mahal dan super glamor. Pakaian yang bersih dan rapi sudah mencukupi untuk tampil menarik dan percaya diri.
  10. Selalu Bersikap Ramah.
    Tips yang terakhir dalam meningkatkan rasa percaya diri adalah jadilah pribadi yang ramah dan murah senyum. Sikap ini tentunya akan memberi rasa nyaman untuk anda secara pribadi, serta disenangi oleh rekan kerja.

    Dalam situasi tertentu, mungkin anda akan merasa kurang nyaman dengan rekan kerja dalam sebuah diskusi atau hal lain. Apapun situasinya, menunjukkan sikap yang baik dalam menyikapi setiap persoalan tentunya akan memberi anda rasa nyaman dan akan menjadi magnet bagi karyawan lainnya. So, hormati rekan kerja dan bersikap ramah dalam semua situasi kerja adalah kekuatan yang dapat memberikan rasa percaya diri anda yang lebih kuat.
Semoga informasi cara meningkatkan percaya diri di tempat kerja ini dapat menjadi tambahan untuk anda terutama bagi mereka yang kurang PD dan merasa kurang nyaman dengan kondisi kantor akhir-akhir ini. Terimakasih

Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Ini Cara Meningkatkan Percaya Diri Di Tempat Kerja